Usaha kecil dan
menengah yang kita singkat UKM memberikan peran penting akan kemajuan suatu
daerah. Dimana kita tahu bahwa semua pelaku usaha cenderung berawal dari modal
skala kecil yang mana menjadi estafet menuju ke usaha lebih besar. Pendanaan
yang terbatas namun mempunyai semangat tinggi untuk berubah maka ini patut kita
dukung agar UKM - UKM ini berkembang tentunya dengan pemberian SDM yang
berkualitas salah satunya pengenalan dunia teknologi.
Berbagai cara pemasaran UKM
Salah satu produk yang biasa dijual bisanya berupa makanan olahan yang bermerk UKM yang dijual di minimarket pihak ketiga atau minimarket UKM itu sendiri, produk oleh-oleh khas daerah masing-masing biasanya juga menjadi trend koperasi untuk merangkul pihak UKM.
Tujuan Menjual produk khas daerah adalah untuk mempromosikan kearifan budaya lokal setempat, seperti contoh : keripik Apel malang, keripik pisang lampung, kerupuk ikan palembang, Dodol Garut, masih banyak produk lainya yang sering kita temui di minimarket yang menjual pusat oleh2 biasanya ada produk dari koperasi yang merangkul UKM atau istilahnya Usaha binaan.
Selain pemasaran secara
offline tersebut tidak kalah menarik dan tentunya jangkaunya semakin luas
melalui sistem online ini beberapa cara marketing yang sudah saya rangkum
diambil dari berbagai sumber :
Market
Place
Sebelumnya masyarakat masih takut untuk berbelanja online apalagi banyaknya kasus penipuan yang merugikan banyak orang.
Mengatasi hal tersebut maka munculnya berbagai market place website yang menfasilitasi jual beli onlinne) dimana setiap transaksi dicover sepenuhnya oleh market place melalui rekening bersama yang biasa di singkat REKBER.
REKBER menjadi instrument ampuh
guna mengalahkan sang penipu apalagi kita bisa melihat berbagai Review
penjualnya di sana. Biasanya juga produk-produk UKM meramaikan berbagai
market place tersebut contohnya : Tokopedia, bukalapak, shoppe, dan lain
sebagainya.
Facebook
Berbagai sumber menyebutkan bahwa facebook merupakan media sosial paling banyak di buka oleh pengguna internet entah benar tidak kebenaranya yang saya tahu setiap orang pasti mengenal facebook hingga paling populer ditelinga kita.
Media sosial ini menjadi ajang paling seruh untuk berkomunikasi baik Time line, chating langsung, group semuana pastinya mudah sekalai berkomunikasi.
Oleh sebab itu tidak ada salahnya mencoba memasarkan produk di sini namun menggunakan Facebook ads (iklan facebook bisa dicarireferensinya di mbah google).
Tidak ada salahnya UKM ikut serta merambah pasar melalui media sosial ini.
Whats’up
(WA)
Hampir setiap hanphone smartphone baik android maupun OS punya aplikasi ini dan setiap orang yang terhubung dengan internet hadphonenya kebanyakan lebih suka komunikasi menggunakan aplikasi ini,
karena di nilai lebih praktis, tanpa iklan, tanpa pending kecuali paket datanya habis He..he..
Nah berjualan melalui WA bisa langsung kena ke target yang penting pintar-pintar mencgambil hati pelangganya.
UKM juga biasanya terhubung dengan WA untuk kontak maupun tekhnik
marketingnya.
Instagram
(IG)
Kalau lagi bepergian
ketemu sama temen lama pasti selain FB
yang di tanya pasti IG nya apa. Hayo ngaku pasti sering ditanya gitu, UKM Juga bisa memasang iklan produknya di sini loh karena lebih reaktif menggunakan
GIF, Video, ataupun timeline IG yang tak mudah bosan sehingga produk cepat laku
apalagi banya yang sudah follow.
Website
Berbagai cara dilakukan promosi di dunia maya namun Jangan lupa bahwa harus mempunyai tempatnya di dunia maya dalam artian UKM tersebut alangkah baiknya punya rumah sendiri di dunia maya yaitu website.
Alamat ini penting agar lebih mudah orang
mengunjungi dan melihat produk serta bisa menumbuhkan tingkat kepercayaan
konsumen.
Nah itulah tadi
beberapa cara meningkatkan penjualan produk-produk UKM