Jumlah Penduduk Indonesia
berdasarkan Catatan Badan Pusat Statistik (BPS) pada september tahun 2020
berjumlah 270,20 juta jiwa yang mana mengalami penambahan sebesar 32,56 juta
jiwa dari tahun 2010.
Hal ini membuktikan bahwa
seiring perjalanan waktu kian hari kita akan mengalami banyak persaingan dalam
berbagai sektor. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya peningkatan Sumber daya
manusia agar seiring dengan kurva peningkatan penduduk.
Meratanya jumlah pekerja
dan berkurangnya angka pengangguran merupakan impian kita. Banyak cara agar
kita bisa menjadi Negara yang maju dan juga tentunya secara stabil
perekonomian.
Lagi dan lagi banyak
Pekerjaan rumah yang harus kita lakukan. Tetapi apabila saling membantu dalam
berbagai bidang. Maka, impian yang kita harapkan akan cepat terwujud.
Keahlian dalam berwirausaha
menuntut diri kita untuk mempunyai beberapa keterampilan yang tentunya bisa
meningkatkan pendapatan. Marketing merupakan hal yang paling utama.
Apabila kita masih
menghandalkan diri sendiri. Maka dari itu, perlu dipelajari sebagai
Contohnya saja kita punya produk yang bagus apabila strategi pasar kurang
maksimal, maka hasilnyapun juga tidak akan maksimal.
Metode Survei Pasar
atau Market Research, Yaitu:
Tentukan Target Pasar
Segmen penjualan ada banyak
pilihan yang akan kita geluti. Apabila kamu menggeluti bidang fashion atau
busana sekmen paling atas biasanya remaja putri, dan apabila kamu ingin
menentukan target pasar yang mana kaum milenial penggunaan Instagram (IG)
sangat direkomendasikan Kaum milenial cenderung menggunakan berbagai media
sosial dalam berbelanja terutama instagram yang untuk sekarang sedang trend.
Target pasar yang jelas
akan memudahkan kita dalam menganalisa bila terjadi penurunan maupun
peningkatan.
Seperti contoh fashion
terkini yang banyak digandrungi kaum milenial muda seperti apa. Data akan lebih
mudah dikelompokan karena merucut ke suatu permasalahan pokok.
Keadaan pasar yang akan
selalu terjadinya perubahan trend membuat kita punya strategi
khusus agar usaha yang kita jalani tidak stagnan (berhenti di
tempat).
Kita harus survive melakukan
inovasi baru apabila kita sudah punya pangsa pasar yang jelas terutama target
yang ingin dibidik.
Survei berdasarkan kategori produk
Buatlah survei produk yang
tepat. Dalam artian kita mesti mengelompokan berbagai kategori apabila kita
punya produk yang memang lebih heterogen dan beragam.
Buat klasifikasi agar kita
tahu mana jenis produk yang banyak diminati.
Produk-produk dari
kompetitor bisa kita masukan ke dalam survei ini. Agar kita tahu berapa persen
produk kita bisa terserap dipasar. Berapa persen jenis produk yang kita jual
terserap diberbagai kalangan.
Cakupan Wilayah Survei
Lebih baik survei berdasarkan
wilayah yang lebih sempit akan tetapi akurat daripada cangkupan wilayah luas
Namun hasil survei masih umum tidak lebih khusus.
Sebab semakin lebarnya
grafik maka jelas kesimpulan tidak sesedrhana yang ingin kita peroleh. Misal
anda ingin menargetkan bagaimana produk fashion kita laku di sebuah provinsi
apabila menggunakan cara marketing dan SEO atau search engine
optimation wilayah tertentu. Maka survei juga melibatkan willayah
tersebut secara lebih detail.
Instrument dalam survei
Ada banyak cara untuk
melakukan survei. Baik menggunakan cara wawancara atau bisa menggunakan
pertanyaan tertulis. Itu semua bisa menjadi alternatif masing-masing sesuai
dengan kondisi dan cara menentukan pasar.
Apabila kamu akan
menentukan survei untuk remaja milenial maka penggunaan daring secara online
bisa kamu lakukan baik seacara anonym maupun secara jelas objek observasi kita.
Seperti contoh penggunaan
media sosial instagram misalnya. Kita bisa membuat timeline survei
baik memberikan imbalan jasa atau memang mencari yang benar-benar care dengan
produk kita.
Terkadang sebuah usaha yang
kita jalani menuntuk terjun langsung di lapangan. Apakah kita menunggu mereka
menjawab sebuah tulisan? Tentu hal ini sulit apabila dilihat dari beberapa
objek yang kemunkinan tidak terbiasa menjawab survei dan bisa menghambat.
Lebih efektif penggunaan
wawancara secara langsung dengan asumsi mereka mau dengan sukarela menjadi
objek survei kita.
Referensi
:
Badan
pusat Statistik. Hasil Sensus Penduduk. 2020. Diakses pada 3/5/2021. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html
Baca
Juga :