Membidik
bisnis secara tepat agar menghasilkan income akurat
Laba bersih rata-rata yang diperoleh
dalam beberapa periode bisa menjadi acuan, Apakah laba yang diperoleh sesuai
dengan yang diharapkan?, Kalau belum kita harus merombak sistem dan mengejar
target sesuai yang diharapkan.
Banyak
permasalahan yang menyebabkan. Belum berhasilnya suatu usaha di atas yang kita
inginkan, seperti:
- Pasar yang sedang lesuh
Apabila kita mengalami hal demikian.
Maka, seperti memancing di kolam besar, namun ikan yang ada tinggal sedikit.
Lantas apakah kita berdiam diri?
Perlu
adanya upaya kerja keras, melebarkan sayap agar wilayah semakin luas sehingga
memperoleh laba dari wilayah lain atau bisa juga lebih telaten dan detail di
wilayah yang sekarang sedang dijadikan target pemasaran.
- Perubahan Pola
Masyarakat dalam Membeli
Pergeseran dari offline ke online
serba digital membuat pasar harus bergerak cepat. Berkembangnya teknologi
membuat beberapa hal yang perlu dilakukan:
- Update informasi
terkini
Kecepatan perubahan produk inovasi
baru dan trend model terbaru yang dikeluarkan. Membuat kita harus jelih melihat
informasi ini, sebab pasar digital begitu cepat berkembang dari segi perubahan
keinginan masyarakat.
- Pelayanan Costumer
Service Yang Mumpuni
Chat CS ( Costumer service) perlu
ditingkatkan ke arah yang lebih baik lagi, sebab dalam bisnis online ini tidak
dibatasi tempat dan waktu.
Melainkan
bagaimana pelayanan kita ke masyarakat menjadi lebih cepat, akurat, terpercaya.
Buatlah value yang baik dan integritas produk kita bisa diterima
masyarakat.
- Akses aplikasi atau website
yang cepat dan Hindari bug atau sistem eror
Pastinya kita akan berpindah ke toko
lain, apabila aplikasi yang kita gunakan loading lama dan susah di akses. Perlu
adanya maintenance sistem.
Mengingat
satu-satunya cara kita bisa menjangkau pelanggan menggunakan sistem ini. Bila
aplikasi atau website stabil akan memperoleh hasil yang optimal.
Berikutnya, dari segi income
bagaimana agar memperoleh target pelanggan aktif sesuai yang kita harapkan.
Kajian ini bukan berdasarkan teori-teori semata, melainkan pengalaman dan jam
terbang yang perlu diasah.
- Cari Pelanggan yang suka
dengan kategori umum produk kita
Penggunaan fanspage pada usaha
online, kita kadang punya pelanggan yang satu minat.
Sangat
muda mengarahkan pelanggan untuk membeli konsisten produk kita, apabila mereka
sudah sesuai hobi dan juga minat. Mereka yang mencari kita, karena mereka
butuh. Selain contoh fanspage kemunkinan ada contoh lainya dalam mencari
pelanggan potensial.
- Buatlah Jargon Produk
Kelihatanya simple, tetapi begitu
sangat berpengaruh pada penjualan. Bagaimana produk kita selalu di ingat di
masyarakat. Pilihlah kata-kata yang membuat orang mudah mengingat nya.
Seperti
contoh "Yama*a Semakin di depan", " Energ*n Minum makanan
bergizi", dan masih banyak lainya.
- Gunakan Platfom Promosi
Produk Yang Tepat
Banyak perusahaan dunia melakukan
promosi besar-besaran. Bukan tanpa alasan, dengan melalui sebuah promosi pesan
produk kita akan tersampaik.
Walaupun
di abaikan, ini tetap masuk ke alam bawa sadar kita. Karena diputar iklan
setiap hari, mau tidak mau diri kita akan digempur iklan. Biasanya
ujung-ujungnya akan membeli. Bahkan sekarang ada TV khusus iklan
produknya.